NonTon OnliNe

Image Hosted by PicturePush - Photo Sharing
Klik di Sini >>> FREE DOWNLOAD FILM / MOVIE <<< Klik di Sini
widgeo.net
Aplikasi DOWNLOAD di Blog ini di Dukung Oleh IDWS, SUBSCENE , ZIDDU ,SCRIBD dan LINKBUCKS.


Rabu, 17 Maret 2010

Usaha Penggantian Ideoligi di Indonesia...???





Memprihatinkan, bahwa sebagai ideologi, Pancasila makin pudar dari waktu ke waktu. Alih-alih menentang komunisme, menolak liberalisme, tetapi sejatinya Pancasila itu sendiri sedang dalam proses kemunduran yang dahsyat.

Sebagai ideologi, Pancasila telah mencapai posisi puncak pada tanggal 30 September 1960, bersamaan dengan pidato Presiden Sukarno di depan Sidang Umum PBB ke-15. Naskah pidato Bung Karno begitu termasyhur dengan judul megah: “To Build the World Anew”, membangun tatanan dunia yang baru berdasarkan Pancasila.

Dalam kesempatan itu, dengan sangat fasihnya, Bung Karno mengupas satu demi satu Pancasila dan penafsiran serta pemaknaannya. Ia juga dengan bangga mengatakan bahwa Pancasila adalah sebuah ideologi alternatif. Pidato Bung Karno telah memukau para pemimpin dunia, dan Pancasila yang dirangkai dari butir-butir manikam warisan bangsa Nusantara, telah merasuk ke dalam sanubari para pemimpin dunia.

Perjalanan sejarah bangsa Indonesia mencatat dan membuktikan bahwa Pancasila telah beberapa kali mendapat tantangan dan ujian. Setiap kali Pancasila mendapat ujian, Pancasila ternyata mampu tetap eksis sebagai alat pemersatu bangsa. Ancaman terhadap Pancasila pada masa lalu dilakukan oleh sekelompok golongan yang ingin menggantikan Pancasila dengan paham Ideologi lain, seperti Komunis yang berpaham Atheis dengan peristiwa pemberontakan Madiun tahun 1948 dan peristiwa Penghianatan G-30 S/PKI tahun 1965. Usaha PKI yang hendak menggantikan ideology Pancasila dengan ideology Komunis pasca pemilu tahun 1955 juga mengalam kegagalan. Namun peristiwa itu hampir membawa Negara Indonesia dalam keadaan yang sangat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kalau menurut saya, Ideologi Pancasila tidak perlu dirubah. Ini sudah terbukti dari berbagai rintangan yang dihadapinya, dan terbukti sampai saat ini Ideologi Pancasila masih bisa betahan di Indonesia. Mungkin itu karena Ideologi Pancasila sendiri dibangun sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia bagaimana adanya. Jadi kekokohannya masih dapat terlihat sampai sekarang.

Contoh kasus :

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), menanamkan sifat kedisiplinan terhadap mahasiswa mahasiswi yang terdapat dalam institut tersebut. Padahal dalam halnya ideologi pancasila telah dinyatakan bahwa tidak ada kekerasan yang terdapat didalamnya. Yang telah diberitakan dalam tahun 2007 dan juga terdapat pelecehan seksual yang telah diberitakan. Semua hal ini juga terdapatnya dalam ideologi pancasila yang mengandung norma dan nilai yang tidak baik. Menanamkan sikap disiplin itu wajar, namun dengan kekerasan atas nama senioritas itu adalah pelanggaran yang tidak baik.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, Ideologi Pancasila masih cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia, dan yang salah terletak pada moral jiwa muda para generasi bangsa yang selalu berusaha untuk merubahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Komenmu Kritikku

Photobucket Photobucket Photobucket
 

Ez-Laptop

Easy Blog Trick

Pembayaran Per Klik

© 3 Columns Newspaper Copyright by RameRame.Com | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks